• Breaking News

    Wednesday, August 23, 2017

    Waspada Gejala Tumor Kulit Jinak Keratoakantoma


    Keratoakantoma adalah tumor kulit jinak yang berupa benjolan bulat dan keras, umumnya berwarna seperti daging dengan bagian tengah seperti kawah yang mengandung bahan lengket. Pertumbuhannya sangat cepat dan dalam waktu 1-2 bulan, ukurannya bisa mencapai 5 cm. Beberapa bulan kemudian keratoakantoma akan menghilang dengan sendirinya tetapi mungkin akan meninggalkan jaringan parut. Sering ditemukan diwajah, lengan dan punggung.

    Faktor penyebab


    Sinar matahari yang mengandung ultra violet menjadi penyebab utama dalam terjadinya keratoakantoma. Sepertinya keratoakantoma muncul dari sebuah akar rambut sehingga mereka hanya tumbuh di daerah kulit yang berambut. Cedera ringan merupakan pemicu terjadinya keratoakantoma.

    Gejala keratoakantoma


    Tumor jinak ini pada mulanya tampak seperti beruntusan/bisul kecil dengan bagian tengah yang keras, kemudian akan terbentuk benjolan bulat dan keras, berwarna seperti daging dengan bagian tengah seperti kawah dan mengandung bahan yang lengket.

    Pengobatan


    • Pembekuan. Keratoakantoma yang kecil bisa diobati dengan pembekuan oleh larutan nitrogen, baik dalam bentuk semprotan atau dioleskan dengan kapas.
    • Kuretase dan kauterisasi. Cara ini kadang digunakan untuk keratoakantoma yang lebih tebal. Penyembuhan biasanya terjadi dalam waktu 3 minggu dan meninggalkan jaringan parut yang tidak terlalu mengganggu penampilan.
    • Eksisi. Keratoakantoma disayat membentuk elips dan bekas sayat dijahit, 1 minggu kemudian jahitan diangkat.
    • Radioterapi. Terkadang keratoakantoma yang besar harus diobati dengan penyinaran. Pengobatan ini tidak menimbulkan nyeri dan penyembuhan akan terjadi beberapa minggu sesudahnya.

    Diagnosa


    Diagnosis ditegakan berdasarkan gejala-gejalanya. Untuk memperkuat diagnosis dan memastikan bahwa kelainan yang terjadi bukan merupakan suatu keganasan, bisa dilakukan biopsi (pengambilan contoh jaringan untuk diperiksa dengan mikroskop)

    No comments:

    Post a Comment

    Mengetahui Perbedaan Tumor dan Kanker

    Penjelasan Tumor Tumor merupakan pembengkakan yang terjadi akibat adanya jaringan yang tumbuh secara abnormal di dalam tubuh. tumor terba...

    Fashion

    Beauty

    Travel