• Breaking News

    Wednesday, August 23, 2017

    Mengetahui Perbedaan Tumor dan Kanker


    Penjelasan Tumor

    Tumor merupakan pembengkakan yang terjadi akibat adanya jaringan yang tumbuh secara abnormal di dalam tubuh. tumor terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan pertumbuhnya, yaitu :

    • Tumor ganas (malignant tumor)
    • Tumor jinak (benign tumor)

    Tumor ganas atau (malignant) tumor adalah perubahan dari tumor jinak menjadi tumor ganas,  ini dikenal dengan nama Progresi. Hal ini sebenarnya jarang terjadi karena persentase kemungkinan hanyalah 0,5%-1% saja.

    Tumor jinak atau (benign tumor) memang tidak seberbahaya tumor ganas. Namun, tumor jinak juga bisa berubah menjadi ganas bila dibiarkan terlalu lama.

    Pravelansi terjadinya tumor akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia penderita ini. Faktor ini bisa terjadi karena saat seseorang bertambah usia, maka mereka akan mengakumulasi berbagai mutasi dalam DNA nya. Tumor sendiri disebabkan oleh akumulasi dari mutasi DNA yang terjadi di dalam sel.

    Penjelasan Kanker
    Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya pembelahan sel abnormal yang tidak terkendali. Dengan munculnya pertumbuhan sel yang tidak terkendali, maka akan muncul kerusakan DNA dan mutasi di gen vital yang berfungsi untuk mengontrol pembelahan sel. Sel-sel tersebut memiliki kemampuan untuk menyerang jaringan-jaringan biologis lain yang terdapat di dalam tubuh penderita.

    Proses penyerangan bisa terjadi secara invasi, yaitu dengan tumbuh langsung pada jaringan lain yang bersebelahan atau dengan migrasi sel ke lokasi yang cukup jauh. Proses ini juga dikenal dengan metastasis.

    Mutasi-mutasi yang bisa menyebabkan terjadinya kanker ini umumnya diakibatkan oleh karsinogen. Mutasi tersebut terjadi secara langsung atau diwariskan dari orang tua pada anak-anaknya.

    Pertumbuhan kanker sangat berbeda jika dibandingkan dengan pertumbuhan tumor jinak. Pada tumor jinak pertumbuhan sel abnormal tidak membentuk metastasis dan tidak menyerang jaringan lain yang ada disekitarnya. Tumor tersebut tumbuh secara lokal. Tumor jinak tidak akan tumbuh kembali jika sudah dilakukan operasi pengangkatan tumor. Tapi jika dibiarkan terlalu lama tumor jinak akan membesar dan akan sangat berbahaya.

    Kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di negara-negara berkembang. Baik tumor atau kanker, keduanya harus tetap diwaspadai.

    No comments:

    Post a Comment

    Mengetahui Perbedaan Tumor dan Kanker

    Penjelasan Tumor Tumor merupakan pembengkakan yang terjadi akibat adanya jaringan yang tumbuh secara abnormal di dalam tubuh. tumor terba...

    Fashion

    Beauty

    Travel